Senin, 28 Juli 2014

Hal - Hal Yang Dapat Membuat Windows Semakin Lambat

Komputer kamu melambat? Tenang saja, bukan hanya kamu yang mengalami, jutaan pengguna Windows lainnya pasti pernah mengalaminya, termasuk saya sendiri. Lalu, apakah ada cara mencegah agar komputer tidak melambat? Tentu saja ada. Windowsku akan berbagi beberapa hal umum yang dapat membuat Windows melambat:

1. Program Yang Banyak

Tentu saja, semakin banyak program yang anda install, membuat komputer semakin lambat. Kenapa? Karena, proses yang harus dilakukan oleh Windows lebih banyak. Biasanya, software yang kamu install berjalan dengan sendirinya tanpa kamu ketahui. Software tersebut berjalan di Background dan membuat komputer melambat.
Gambar diatas adalah daftar program yang berjalan di Background. Semakin sedikit program yang anda install, maka komputer akan semakin cepat.
2. Software Pihak Ketiga

Percaya tidak percaya, software pihak ketiga mempunyai peran sendiri dalam hal membuat komputer melambat. Microsoft mengatakan, software pihak ketiga membuat PC yang menggunakan sistem operasi Windows akan melambat seiring dengan waktu. Apalagi, saat kamu membeli komputer, pasti akan ada Trialware yang fungsinya sebagai promosi software.
Untuk itu, Microsoft mengeluarkan Microsoft Signature. Signature adalah sebuah komputer yang sudah terinstall software dari Microsoft. Seperti program Microsoft Security Essentials (MSE), Zune, Windows Live Essentials, dan produk lainnya. Sehingga, komputer akan berjalan lebih cepat. Akan saya jelaskan Microsoft Signature di waktu mendatang.
3. Virus dan Spyware

Kalau ini merupakan hal yang umum. Virus tentu saja membuat komputer melambat. Bukan hanya lambat, error pun akan terjadi. Virus berjalan dibackground dan mengganggu sistem. Sehingga, Antivirus sangat mutlak diperlukan.


Banyak sekali Antivirus gratis maupun berbayar. Manapun yang kamu pilih, pastikan Antivirus anda selalu diupdate, agar komputer tetap aman dari serangan virus.
4. Hardware

Kalau sudah menyangkut hardware, kita tidak bisa berbuat apa - apa lagi. Tentu saja, tiap komponen di komputer kita memiliki umur masing - masing. Kalau hardware yang kita gunakan sudah lama, komputer akan melambat secara perlahan, walaupun kadang - kadang kita tidak menyadari bahwa komputer semakin lambat.


Solusinya, tentu saja adalah mengganti hardware yang sudah tua dan tidak berfungsi secara normal. Tak ada cara lain lagi. Tapi, tentu saja, komputer akan jauh lebih cepat jika kamu mengganti hardware kamu. Misalnya, kamu mengganti HDD kamu dengan SSD yang baru.
5. Junk Files

Komputer itu seperti tubuh kita. Tiap hari kita gunakan, komputer juga harus melakukan "BAB". Kalau tidak, Windows akan semakin melambat. Banyak sekali jenis junk file yang dihasilkan oleh Windows, misalnya Registry, Temporary Files, Cache, System Restore Points, Thumbnail, dan lain sebagainya.


Lalu, adakah solusinya? Tentu saja ada. Gunakan software seperti Glary Utilities, Advanced SystemCare, CCleaner, dan software lainnya. Semua software yang saya sebutkan itu adalah Freeware, sehingga kamu dapat menggunakan secara bebas. 
Kesimpulan

Komputer sama dengan binatang peliharaan. Perlu dirawat dan dijaga. Jika komputer kamu kotor, bersihkan sampai sebersih - bersihnya. Karena, komputer tidak dapat membersihkan dirinya sendiri (hehehe). Tapi, manfaat yang kamu dapatkan adalah komputer akan berjalan semakin cepat. Tentu saja, anda tidak mau menunggu lama - lama kita mengoperasikan komputer bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar