Senin, 28 Juli 2014

5 Cara untuk Memperpanjang Umur dan masa Pakai Laptop

Laptop adalah sebuah perangkat komputer mobile yang harus diganti beberapa tahun. Ya, laptop yang anda miliki nantinya akan rusak juga bagaimanapun anda memakainya. Banyak sekali bagian dari laptop yang memiliki umurnya masing-masing. Sehingga, mau tidak mau anda harus menyiapkan uang untuk membeli laptop pengganti.


Di artikel ini, Windowsku mencoba menjelaskan beberapa cara untuk memperpanjang masa pakai laptop yang anda miliki, sehingga laptop anda dapat bertahan lebih lama. Berikut ulasannya.
1. Hati-hatilah dalam menggunakan Laptop

Laptop lebih rentan akan kerusakan karena perangkat ini adalah perangkat mobile yang bisa dibawa kemana saja. Tidak beberapa lama, laptop saya layarnya rusak, karena terjatuh dan itu memang kecerobohan saya. Tapi untung saja masih bisa diperbaiki. Namun, ada beberapa bagian dari laptop yang tidak dapat diperbaiki, seperti prosesor, VGA, dan lain-lain. Sehingga, anda harus sangat hati-hati dalam menggunakan laptop anda.
Gambar Laptop saya saat dibongkar
2. Bersihkan Laptop dari debu

Di dalam laptop, terdapat kipas yang berfungsi sebagai pendingin perangkat. Namun, seperti yang kita ketahui semua bahwa kipas adalah tempat dimana debu-debu tinggal dan akan mengganggu performa dari kipas tersebut, sehingga pendinginan tidak bagus. Sehingga, akan sangat bagus bila anda membersihkan kipas laptop anda secara reguler.
Gambar laptop saya yang sudah dibersihkan kipasnya
3. Lakukan perawatan Sistem Operasi

Jika komputer anda lambat, ada berbagai faktor yang menyebabkan laptop menjadi lambat. Tidak selalu karena umur laptop yang sudah tua. Salah satu cara untuk mempercepat komputer adalah dengan menonaktifkan program pada Startup. Caranya adalah klik Start dan ketik "msconfig" dan tekan enter. Maka, jendela System Configuration akan terbuka. Bukalah tab "Startup" dan hilangkan tanda centang pada program yang tidak anda inginkan.
Gambar System Configuration
Program-program yang dicentang pada bagian startup ini akan berjalan saat komputer dihidupkan, sehingga membuat komputer melambat. Sehingga, mematikan beberapa program tentu saja dapat meningkatkan kinerja komputer anda.
Selain cara diatas, Windowsku memiliki banyak sekali tips dan trik agar komputer anda lebih cepat. Seperti artikel 8 Cara Untuk Mempercepat Windows 8, Cara Mempercepat Kinerja Komputer Dengan Memanfaatkan Windows ReadyBoost, dll. Anda bisa menggunakan kotak pencarian di Windowsku untuk melihat artikel lainnya.
4. Melakukan Update secara reguler pada Windows dan aplikasi

Tidak ada aplikasi dan sistem operasi yang sempurna. Namun, dengan melakukan update terhadap program anda, aplikasi menjadi lebih cepat dan lebih aman. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu melakukan update terhadap Windows anda.
Untuk mengecek update dari program atau aplikasi anda di komputer, anda bisa menggunakan OUTDATEfighter. Aplikasi ini berfungsi untuk mencari update untuk program anda secara otomatis. Untuk mengunduhnya, klik disini.
5. Melakukan Upgrade Komputer

Ini adalah cara terakhir untuk memperpanjang umur komputer anda. Ada beberapa bagian komputer yang bisa anda upgrade. Misalnya adalah RAM, HDD, Layar LCD, keyboard, dll. Cara ini lebih hemat dibandingkan anda membeli laptop baru, lantaran keyboard laptop anda rusak.
Kesimpulan

Laptop pasti akan rusak. Namun, dengan melakukan tips-tips diatas, mudah-mudahan komputer anda dapat bertahan lebih lama dan umur yang panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar