Sabtu, 09 Januari 2016

Pengertian Software Deep Freeze

  1. A.   Deep Freeze



Deep Freeze adalah program buatan sebuah perusahaan pembuatan software bernama Faronics. Harga jualnya 45 $ dengan kapasitas program mencapai 4 MB. Deep Freeze berfungsi mengembalikan setting komputer ke default dengan cara membekukan semua file yang terinstall di komputer. Dengan fungsinya yang unik, software ini sangat ampuh menangkal serangan virus maupun user-user jahil terutama pada komputer yang di gunakan banyak orang. Jika menggunakan anti virus, kita butuh banyak waktu untuk selalu meng-upadenya. Padahal, dengan Deep Freeze, cukup sekali install saja. Sebelum menginstall Deep Freeze sebaiknya komputer di bersihkan dulu dari virus akan sang virus tidak kekal di komputer. Di anjurkan untuk menformat Harddisk agar bersih dari virus dan program perusak lainnya. Selain itu, sebaiknya Harddisk di bagi menjadi dua partisi dengan partisi C sebagai partisi sistem.


1.Instalasi Deep Freeze
Jika menggunakan versi trial, berikut ini langkah-langkah mengcracknya :

a)    Tampilkan Deep Freez dengan menekan tombol (Ctrl+ Alt+ Shift+ F6) atau (tahan Shift dan Klik 2 kali pada icon Deep Freeze). Masukan password Deep Freeze saat pertama kali kita install. Jika status Boot masih dalam “Boot Frozen” pindahkan ke “Boot Thawed” lalu tekan OK dan Restart Komputer.
b)   Jalankan installer deep freeze. Pilih Uninstal. Catatan, installer yang digunakan haruslah menggunakan versi2. Jalankan instaler deep freeze. pilih Uninstal. Catatan, installer yang di gunakan haruslah menggunakan versi lebih baru atau setidaknya sama. Jika tidak, langkah kedua ini tidak bisa dijalankan.
c)    Kemudian masuk ke Regedit melalui menu Start > Run > Regedit dan masuklah ke Hkey Local Machine – Software – Microsoft – Windows NT – Current Version.
d)   Pilih item ‘AncillaryDev’ pada kolom sebelah kanan. Hapus isi dalam item tersebut.
e)    Lalu install lagi Deep Freeze . selanjutnya Deep Freeze bisa digunakan sepanjang masa.
Sebenarnya, Windows juga punya software yang memiliki fungsi sama dengan Deep Freeze bernama Steady Safe dan bisa di download di situs Microsoft. Namun, windows yang di gunakan harusnya windows asli bukan bajakan.

2.     Kelemahan Deep Freeze
  1. Tidak dapat menyimpan file secara permanen, instalasi program, menghapus file, mengganti nama file, memindahkan file, uninstall program pada directori yang telah diaktifkan Deep Freeze.
  2. Apabila terdapat virus atau malware setelah Deep Freeze diaktipkan, maka ancaman tersebut akan tetap ada setelah di Restart, kecuali Deep Freeze di-non aktifkan terlebih dahulu (thawed) setelah itu dibersihkan.
  3. Jika komputer dipasang Antivirus, maka update Antivirus tersebut memerlukan penonaktifan Deep Freeze, setelah selesai proses update, Deep Freeze harus segera diaktipkan lagi dan ini memerlukan restart komputer 2 kali.
Salah satu keuntungan memakai deepfreeze adalah untuk mempertahankan komputer dari serangan virus.karena deepfreeze akan langsung membekukan/menghapus file terinstal saat komputer di shoutdown.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar