Selasa, 02 September 2014

Solusi Wifi Konek Ke Hotspot Tapi Tidak Bisa Akses Internet

Perkembangan teknologi yang pesat menjadikan internet sebagai salah satu kebutuhan yang hampir wajib dapat diakses dimana saja. Di perkotaan, banyak tempat yang menyediakan hotspot wi-fi secara gratis sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengakses internet.
Terkadang ketika sedang ingin terhubung ke hotspot, terdapat masalah seperti tidak bisa browsing padahal status menunjukkan sudah terhubung.
Untuk dapat mengatasi masalah tersebut, silakan ikuti langkah รข€“ langkah berikut : 1. Periksa apakah ada tanda seru berwarna kuning di system tray Lihat di pojok kanan bawah layar komputer, periksa periksa pada icon yang menunjukkan koneksi wireless di laptop. Jika ada segitiga berwarna kuning dengan tanda seru berarti kita sama sekali tidak bisa koneksi ke internet.
2. Selanjutnya, buka Control Panel > Network and Sharing Center Klik Change Adapter Setting. Klik kanan pada Wireless Connection > Properties. Klik dua kali pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4), sebuah window akan menampilkan detail IP address komputer. Jika pada detail tersebut masih terisi, pilih Obtain an IP address automatically. Setelah itu klik OK, lau OK lagi. Tunggu beberapa saat hingga mendapatkan IP address dari DHCP server hotspot. Perhatikan kembali icon wireless connection yang ada di bagian system tray. Jika tanda seru sudah hilang berarti laptop sudah tersambung ke internet.
3. Jika langkah nomor 2 gagal, berarti ada masalah pada Wi-fi card laptop Masalah ini disebabkan dari driver hardware. Solusinya adalah dengan melihatnya di Device Manager. Klik kanan pada My Computer kemudian pilih Manage > DeviceManager. Perhatikan pada bagian Network adapters, kemudian klik kanan pada hardware wi-fi di laptop kita, lalu klik Uninstal. Tidak perlu khawatir, karena saat terdeteksi oleh sistem driver secara otomatis akan terinstall kembali. Setelah itu klik kanan dan pilih Scan for hardware changes agar sistem mendeteksi dan menginstal ulang driver hardware wi-fi tersebut secara otomatis. Setelah selesai tutup Device Manager, kemudian coba hubungkan/ connect kembali dengan hotspot wifi. Koneksi internet akan kembali normal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar