Minggu, 11 Mei 2014

SISTEM KOMPUTER DAN ELEMEN PENTING DALAM KOMPUTER


Di era globalisasi ini tentunya kita tidak lepas dari yang namanya teknologi, begitu pula dengan komputer. Saat ini, komputer merupakan satu kebutuhan pokok bagi manusia untuk menyelesaikan pekerjaan sehari-harinya seperti pengolahan kata, pengolahan angka, pengolahan gambar, dll.

Sistem adalah suatu kesatuan elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk suatu kelompok dalam melaksanakan suatu tujuan pokok yang ditargetkan. Sistem komputer adalah kumpulan dari komponen/sub sistem yang bekerja sama atau berkoordinasi untuk mendapatkan tujuan yang sama.Ciri-ciri sistem komputer itu sendiri terdiri dari lebih dari satu komponen/sub sistem, adanya koordinasi antar sub-ordinat dari sistem, dan memiliki tujuan yang sama.

Setiap sistem memiliki subsistem-subsistem, dan subsistem terdiri atas komponen-komponen atau elemen-elemen dan dalam subsistem terdiri dari subsistem lagi atau sebuah sistem memiliki sistem yang lebih besar yang dinamakan Suprasistem. Tujuan pokok dari sistem komputer adalah untuk mengolah data (kumpulan fakta yang belum mengandung arti dapat berupa notasi, simbol-simbol dan lambang ilmiah) menjadi informasi (hasil pengolahan data menjadi bentuk yang lebih berarti).

Mekanisme sederhana komputer dimulai dari Input-Proses-Output. Dari mekanisme sederhana sistem komputer tersebut kita dapat mengetahui jalannya suatu data mulai dari pemasukan data, pemrosesan data, penyimpanan data sampai penyampaian informasi ke user (pengguna).
Dalam sistem komputer terdapat pula elemen-elemen penting didalamnya agar komputer dapat berfungsi dengan baik dan menghasilkan informasi. Elemennya terdiri dari HARDWARE, SOFTWARE dan BRAINWARE. Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Hardwaretidak akan berfungsi apabila tanpa Software, demikian juga sebaliknya. Dan keduanya tidak bermanfaat apabila tidak ada manusia (Brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya. 
  1. HARDWARE (Perangkat Keras), merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware terdiri dari :  Input/Output Device (I/O Device), Storage Device (Perangkat Penyimpanan), Monitor/Screen Monitor, Casing Unit, Central Processing Unit (CPU), dll.
  2. SOFTWARE (Perangkat Lunak), merupakan program - program komputer yan berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang di mengerti oleh komputer. Sotware terdiri dari beberapa jenis, yaitu : 
  1. Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Linux, Novel, OS/1, Windows.
  2. Program Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll.
  3. Program Aplikasi, seperti GL, MYOB, Payroll dll.
  4. Program Paket, seperti Microsoft Office, Adobe Photoshop, Macromedia Studio, Open Office dll.
  5. Bahasa Pemrograman, PHP, ASP, dBASE, Visual Basic dll.
  1. BRAINWARE (User), adalah personil - personil yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti sistem analisis, pemrograman, operator, user dll. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar